Sabtu, 16 September 2017

eBook






Buku dalam bentuk digital atau yang biasa disebut e-book memang sudah biasa menggantikan buku dalam bentuk fisik. Selain mudah didapatkan dengan mendownload di beberapa web 'free ebooks' maka ebook dapat dibaca di mana saja dan kapan saja dengan gadget kita.

Q : Apa sih eBook ?
A : eBook / buku elektronik dalam bahasa Indonesia dalah bentuk digital dari buku biasa yang untuk membacanya membutuhkan alat elektronik seperti ebook reader. Namun sekarang untuk membaca ebook bisa dengan komputer, laptop dan Smartphone. Ebook reader yang bisa digunakan misalnya keluaran amazon yaitu kindle.

Berdasarkan situs ini, ebook yang beredar di internet diterbitkan dengan dua cara :

  • Buku yang awalnya dicetak dengan kertas selanjutnya diubah formatnya ke softcopy ( ebook ). Melalui Ebook Reader, maka pembaca bisa membeli ebook tersebut yang tentunya lebih murah dibandingkan dengan buku biasa.
  • Ebook yang dibuat untuk kepentingan pribadi maupun umum. Orang - orang yang tidak memiliki akses untuk menerbitkan pengetahuannya dalam bentuk buku cetak maka dapat membuat buku sendiri dengan format digital.
Q : Format eBook apakah hanya dalam bentuk pdf ?
A : Ternyata format ebook tidak hanya dalam bentuk pdf tapi juga ada yg format epub, Kindle MOBI/AZW3, FB2, Microsoft Reader LIT dan Sony LRF. Format eBook yang populer adalah Epub & Kindle.

Q : Apakah eBook yang beredar di Internet itu semuanya legal bukan bajakan ?
A : Ada dua perbedaan ebook yang gratis di internet, pertama yang versi legal dan kedua ilegal ( bajakan ). Biasanya kalau eBook yang legal itu adalah berbayar ( membeli dari situs resmi). Ebook yang dibeli tidak untuk dishare karena penerbit menerapkan sistem DRM ( Digital Rights Management). Vendor ebook di Indonesia ada Gramediana & Scoop. Sedangkan vendor luar negeri ada Amazon, B&N,Kobo,Google Playbooks dan smashwords.

Di Indonesia mungkin belum banyak beredar buku - buku yang diterbitkan dengan format ebook. Berbeda dengan negara - negara barat yang lebih memilih menjual buku dengan format digital terlihat dari penjualan eBook yang lebih tinggi dibandingkan buku biasa. Karena banyak keuntungan yang dapat diperoleh baik dari sisi penerbit maupun pembaca. Yaitu menghemat biaya gudang ( tidak ada stock buku secara fisik), tidak menggunakan kertas ( sejalan dengan kampanye Go Green), mudah dibawa dalam jumlah banyak ( karena cukup hanya membawa sekumpulan buku - buku dalam bentuk file).



Namun bagi pecinta buku tradisional tentu akan cukup berat beralih bacaan ke format digital karena ada hal yang tak bisa digantikan misalnya mencium aroma buku baru serta membalik halaman buku :D



🔺Salam Diekanzu🔻

Tidak ada komentar:

Posting Komentar